Cara Membuat Kerajinan Tangan Lilin Air


kerajinan tangan lilin air cantik

Bahan yang di butuhkan:

  • Air
  • Hiasan dalam air, bisa menggunakan apapun yang anda suka selama benda tersebut bersifat tahan air (Untuk contoh dalam tutorial menggunakan manik dan kelereng)
  • Minyak kelapa atau minyak sayur
  • Gelas kecil
  • Sumbu berbahan katun

Cara membuat:

Pertama kita akan memilih berbagai bahan dekorasi yang akan kita letakkan di dalam gelas, biasanya kita bisa menggunakan berbagai manik atau aksesoris lain yang tahan air, oh ya, jangan lupa, bahan tersebut juga harus tahan panas, karena suhu air juga akan ikut meningkat ketika lilin dinyalakan. Anda bisa memadu padankan warna dari bahan yang akan digunakan, karena pada hasil akhirnya akan memberi efek pendar sesuai warna dari apa yang anda masukkan.
siapkan bahan untuk dekorasi
siapkan bahan untuk dekorasi
Setelah anda memasukan berbagai dekorasi yang telah anda susun sesuai selera, maka anda tinggal memasukkan air secara pelan ke dalam gelas agar tidak merusak formasi dekorasi yang telah anda susun. Isilah gelas dengan air hingga sekitar ¾ gelas atau kurang, selama bahan dekorasi telah tenggelam oleh air, maka itu sudah bagus.
tuangkan air dengan perlahan
tuangkan air dengan perlahan
Disinilah kita masuk ke tahap memanfaatkan sifat polar dan non polar dari minyak dan air, kita kemudian akan menuangkan minyak kelapa sebagai bahan lilin air atau lentera air kita. Tuangkan minyak secara perlahan sampai ke atas.
masukan minyak hingga hamper bibir gelas
masukan minyak hingga hamper bibir gelas
Masukan sumbu sepanjang +-2,5 cm, yang telah anda pasang ke bahan yang dapat mengambang sebagai tatakan, seperti misal kertas alumunium, pastikan sumbu yang menembus dasar tatakan tidak lebih dari 2 mm, agar tidak turut menyerap air di bawah lapisan minyak. Mungkin anda juga perlu memikirkan susunan dekorasi agar dapat menahan tatak sumbu agar tidak tenggelam.
masukan sumbu dengan tatakannya
masukan sumbu dengan tatakannya
kerajinan tangan lilin air cantik
selesai, lilin air cantik stelah menyala dengan indah
Selesai, lilin atau lentera air cantik telah siap untuk di gunakan.

Sumber: http://www.kerajinan.id/1804/cara-membuat-kerajinan-tangan-lilin-air-cantik.html

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kerajinan Kayu Mobil-Mobilan

Cara Membuat Vas Bunga dari Bambu

Cara Membuat Taplak Meja Dari Sedotan